Selasa, 06 Maret 2012

Terjadinya Alam Semesta

Berjuta-juta tahun yang tekah silam, semua itu tidak ada. Tidak ada langit, tidak ada bumi, gunung-gunung, sungai-sungai, lautan tumbuh-tumbuhan, benda-benda di angkasa (bulan, binntang, mataahari) dan manusia pun belum ada. begitu juga para malaikat, jin dan iblis pun belum ada. Lantas apa dan siapa yang ada dikala itu? Yang ada hanyalah Allah SWT. Kalamullah dalam Al-Qur'an menyebutkan:

Artinya "Dia-lah yang Awal dan yang Akhir, yang Zhahir dan yang Bathin; dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Hadid: 3)


Jelas menurut Kalamullah di atas, bahwa Allah-lah yang mula pertama telah ada sebelum segala sesuatu ada, dan yang tetap ada setelah segala sesuatu musnah. Yang nyata adanya karena banyak bukti-buktinya, dan yang tak dapat di gambarkan Hikmah Dzatnya oleh akal.

Kemudian dengan Kodrat dan Iradat-Nya, Allah menciptakan alam semesta ini dalam enam periode (masa). Sebagaimana firman Allah SWT:

Atinya "Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah Singgasana-Nya (sebelum itu) diatas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalannya." (QS. Hud: 7)

>
Dalam menciptakan alam semesta, Alllah hanya cukupdengan mengucapkan "KUN = jadilah! Maka terciptalah apa yang dikehendaki-Nya, tanpa bantuan siapa pun. Allah SWT berfirman:

Artinya "Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanya berkata kepadanya "jadilah!" Maka terjadilah ia." (QS. Yaasin: 82)
Sehingga yang tadinya tidak ada, menjadi ada. Yang kosong dan hampa menjadi rupa dan berbentuk. Akhirnya terciptalah alam semseta ini yang terdiri dari langit, bumi dan seisinya, yakni matahari, bulan, bintang, tumbuh-tumbuhan, gunung-gunung, dan lautan. Dan Allah juga menciptakan makhluk-makhluk halus seperti iblis, syetan, jin, malaikat, serta makhluk-makhluk yang lainnya.

Dengan demikian, maka setiap siang dan malam kita dapat menyaksikan itu semua, yaitu alam disekeliling kita, maka benarlah firman Allah SWT:

Artinya "Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan Bumi dalam enam masa, kemudian Dia bbersemayam di atas Arasy (Singgasana) untuk mengatur segala urusan." (QS. Yunus: 3)


Oleh karena itu, marilah kita berpikir akan Keagungan dan Kebesaran dan Kekuasaan Allah, serta segala apa saja yang diciptakan oleh-Nya. Baaimana langit ditinggikan tanpa tiang, bagaimana bumi ini dibentangkan, bagaimana gunung-gunung ditegakkan dan bagaimana unta itu dijadikan. Itulah Kekuasaan Allah.

Sumber: Judul Buku: Berita Ghaib dan Alam Akhirat
Penyusun: M. Ali Chasan Umar

0 komentar:

Posting Komentar